Powered By Blogger

Selasa, 09 November 2021

3.2.a.10. Aksi Nyata – Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

 Membuat Pojok Baca untuk Meningkatkan Minat Membaca Murid

Oleh

FX Deni Iswanto, S.Pd.

CGP Angkatan 2 Kota Bandar Lampung



 

1.       Fakta

A. Latar Belakang

Awal pembelajaran setelah pasca BDR membuat motivasi belajar murid menurun drastis. Banyak murid yang sepertinya terlena dengan pembelajaran daring. Butuh sebuah usaha yang tidak mudah untuk kembali menumbuhkan semangat dan motivasi murid saat sekolah mulai dibuka kembali. Seorang pendidik yang berperan sebagai pemimpin dalam pengelolaan sumber daya dituntut mampu melihat potensi dan kekuatan dari sumber daya yang dimiliki sekolah. Dalam melakukan identifikasi menggunakan sebuah pendekatan yaitu pendekatan berbasis aset (asset based thingking) yang dikenal dengan pengembangan komunitas berbasis aset (PKBA) dan mampu memanfaatkan sumber daya tersebut secara optimal dengan cara meningkatkan mutu dan mengembangkan sumber daya yang ada serta mampu melakukan koordinasi dan membangun kolaborasi yang baik antara warga sekolah terutama dengan rekan sejawat.

Banyak aset sekolah yang belum mampu dimaksimalkan untuk mendukung proses pembelajaran. Untuk itu perlu sebuah program yang mampu memotivasi belajar siswa.

Harapannya dengan kegiatan ini dapat wujudkan dan mengembangkan potensi dan kekuatan modal tersebut sehingga terwujudnya merdeka belajar yang dicita-citakan.

B. Alasan Mengapa Melakukan Aksi Nyata

Pemilihan kegiatan pengelolaan  sumber daya sekolah, yaitu pembuatan pojok baca sebagai aksi nyata yang dilakukan dengan alasan untuk meningkatkan motivasi dan semangat belajar anak. Dalam aksi nyata ini saya memberikan kesempatan kepada murid untuk membantu membuat pojok baca yang akan digunakan sebagai tempat meletakkan buku-buku untuk bahan literasi.

C. Tujuan

Kegiatan aksi nyata yang dilakukan bertujuan untuk:

  1. Menumbuhkan motivasi dan semangat belajar murid untuk rajin belajar dengan membaca buku.
  2. Memanfaatkan aset yang ada di sekolah berupa buku perpustakaan untuk membuat pojok baca di kelas.

D. Deskripsi Aksi Nyata Yang Dilakukan

Aksi nyata yang dilakukan berupa kegiatan membuat pojok baca sebagai bentuk aksi nyata modul 3.2 yaitu pemimpin sebagai pengelolaan sumber daya. Adapun langkah-langkah kegiatan aaksi nyata berpedoman pada tahapan BAGJA yaitu:

Buat Pertanyaan (B):

Bagaimana cara memanfaatkan aset sekolah untuk menumbuhkan minat membaca pada murid saat pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) di sekolah?

Ambil Pelajaran (A):

Bagaimana memanfaatkan sarana dan prasarana sekolah berupa buku perpustakaan sebagai sumber pembelajaran di kelas.

Gali Mimpi (G):

Mempunyai pojok baca sebagai tempat bagi murid dalam menumbuhkan kecintaan untuk membaca sebagai bagian dari budaya literasi.

Jabarkan Rencana (J)

Berkonsultasi dengan kepala sekolah dan rekan sejawat untuk membuat pojok baca yang diisi dengan berbagai macam buku dari perpustakaan dan dari murid.

Atur Eksekusi (A):

Mengajak rekan sejawat dan murid untuk membuat pojok baca. 

E.  Hasil Aksi Nyata Yang Dilakukan

Keterlaksanaan dari kegiatan aksi nyata ini sebenarnya sudah dilakukan dari bulan Agustus. Adapun hasil aksi nyata dari kegiatan ini adalah adanya pojok baca di kelas sebagai sarana anak untuk belajar dalam mewujudkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS).

2.  Perasaan

Perasaan yang muncul dalam diri saya ketika menerapkan kegiatan aksi nyata modul 3.2 ini adalah merasa yakin bahwa banyak hal bisa dilakukan untuk mewujudkan sebuah gagasan untuk membuat sebuah program yang memanfaatkan aset sekolah. Optimis muncul saat anak-anak bersemangat dalam mendukung pembuatan pojok baca ini.

3.  Pembelajaran

Pembelajaran yang diperoleh dari keseluruhan aksi nyata:

Kegagalan

Pojok baca yang sudah dibuat belum maksimal dan perlu dibenahi lagi terutama dalam penataan tempat. Ruang yang terbatas membuat pojok baca terkesan masih sangat minim dan belum dapat memuat berbagai macam buku seperti yang diharapkan.

Keberhasilan

Mampu membuat pojok baca yang dapat mendukung kegiatan pembelajaran, menumbuhkan semangat dan motivasi belajar murid karena dilakukan secara bersama tanpa kompetisi.

4.  Penerapan Ke Depan

Rencana perbaikan untuk masa mendatang mengacu pada keberhasilan yang dicapai, yaitu dapat memaksimalkan kembali pojok baca yang sudah dibuat untuk menumbuhkan minat murid dalam membaca.

 

Dokumentasi Kegiatan Aksi Nyata

 

Link video kerjasama dengan Puskesmas: 

1. https://youtu.be/w8sOgJ0LTFs

2. https://youtu.be/oy-GzTnjQlM


Foto Kegiatan Aksi Nyata



Pojok Baca Kelas 6B dan 4B


Pojok Baca Kelas 6A dan 5A

Pojok Baca Kelas 5B dan 4A

Pojok Baca Kelas 1A, 2A, dan 3A

Pojok Baca Kelas 1B, 2B, 3B



Aset SD Negeri 1 Pesawahan Bandar Lampung




Ruang Tata Usaha


Ruang Perpustakaan dan Toilet Guru


Kantin Sekolah


Bangunan Fisik Sekolah



Taman Sekolah


Ruang Guru


Lapangan Sekolah



Musholla


Tempat Parkir Kendaraan




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar