Menumbuhkan Kegemaran Murid Untuk Membaca Melalui “Program Budaya Literasi” dengan Pembuatan Pojok Baca Kelas di SDN 1 Pesawahan untuk mewujudkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS)
Oleh
: FX Deni Iswanto, S.Pd.
CGP
Angkatan 2 Kota Bandar Lampung
Latar Belakang Aksi Nyata
Dalam kegiatan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) di SDN 1 Pesawahan, kegiatan pembelajaran belum sepenuhnya mendukung proses pembelajaran yang aktif, efektif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan bagi murid. Hal ini membuat lingkungan kelas kelas 6A SDN 1 Pesawahan belum bisa bertumbuh dan berpusat pada murid. Oleh karena itu membutuhkan sentuhan dari guru dan murid selaku modal manusia untuk mengelola lingkungan kelas sebagai aset fisik. Diharapkan hal tersebut dapat mewujudkan kondisi kelas menyenangkan seperti pengelolaan ruang kelas, pemasangan kesepakatan kelas diawal tahun ajaran baru, pembuatan pojok baca di ruang-ruang kelas sebagai bahan literasi dan menumbuhkan kegemaran membaca murid dalam literasi membaca di kelas. Program Budaya Literasi yang ada di kelas 6A SDN 1 Pesawahan diharapkan sesuai kondisi yang ada dan diharapkan keaktifan murid kelas 6A SDN 1 Pesawahan dalam kegiatan “Budaya Literasi” dengan mengaktifkan kembali kegiatan literasi melalui pembuatan pojok baca.
Program Budaya Literasi sebagai program literat di SDN 1 Pesawahan
adalah salah satu pengelolaan program yang berdampak pada murid dengan pembentukan tim literasi kelas 6A SDN
1 Pesawahan. Semua murid dibantu para guru bisa belajar mengorganisir kegiatan
terkait literasi berdiferensiasi di kelasnya masing-masing. Diawali dengan
pengelompokan jenis bahan bacaan oleh tim pelaksana kegiatan kemudian kedepannya diharapkan dengan evaluasi dan
umpan balik kegiatan ini akan terus dikembangkan. Program ini diharapkan menjadi
program yang berkelanjutan di SDN 1 Pesawahan.
Tujuan “Program Budaya Literasi” dengan membuat pojok baca kelas di SDN
1 Pesawahan adalah untuk mewujudkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dengan menumbuhkan
kegemaran membaca murid melalui “Budaya Literasi” di SDN 1 Pesawahan.
Program Budaya Literasi di SDN 1 Pesawahan telah memiliki kesepakatan
kelas dan dikoordinir oleh para murid dan sebagai pemimpin kegiatan tersebut
telah membuat jadwal harian yang
disepakati agar program berjalan sesuai tujuan program.
Kegiatan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan dari
murid untuk murid melibatkan guru dan kepala sekolah serta pertemuan rutin tim
literasi untuk membahas kemajuan pelaksanaan literasi sekolah. Program ini juga
tak lepas dari dukungan dari orang tua dan komite sekolah.
Lini Masa Tindakan Program
Buat Pertanyaan Utama
Bagaimana menumbuhkan kegemaran membaca murid melalui Program Budaya
Literasi di SDN 1 Pesawahan?
Ambil Pelajaran
Murid yang gemar membaca mengajak teman-temannya untuk bersama-sama mengaktifkan kegiatan “Program Budaya Literasi” di sekolah dengan memanfaatkan Pojok Baca yang telah dibuat.
Gali Mimpi
Murid yang memiliki kegemaran membaca dalam kegiatan literasi di
sekolah adalah murid yang mampu menjadi teladan dan mengajak murid lain dalam
Program “Budaya Literasi” di sekolah.
Guru mempunyai kebiasaan positif berliterasi serta mengarahkan murid
untuk rajin membaca untuk menggiatkan “Program Budaya Literasi”.
Guru memotivasi murid untuk gemar
membaca baik di sekolah maupun pada lingkup keluarga di rumah.
Komunitas praktisi SDN 1 Pesawahan
terlibat dalam kegiatan “Program Budaya Literasi” di Sekolah.
Jabarkan Rencana
Program Gerakan Literasi di SDN Pesawahan dapat berjalan dengan baik dengan keterlibatan semua warga sekolah. Murid yang menjadi pelaksana kegiatan mempunyai kebebasan untuk membuat jadwal harian dengan menunjuk siapa yang memimpin dan menyiapkan buku untuk kegiatan membaca dibimbing dan diarahkan oleh guru. Orangtua dan komunitas praktisi sekolah memberikan dukungan dan motivasi pada “Program Budaya Literasi” di sekolah. Monitoring dilakukan oleh murid dan untuk murid. Evaluasi melibatkan guru, pimpinan sekolah dan orangtua murid.
Atur Eksekusi
Melakukan koordinasi dengan Kepala Sekolah SDN 1 Peswahan yaitu ibu
Hj.Rosina, S.Pd., M.M. untuk pelaksanaan kegiatan aksi nyata.
Berkolaborasi dengan teman sejawat dalam komunitas praktisi SDN 1
Pesawahan terkait rencana pelaksanaan “Program Budaya Literasi”.
Memberikan pembekalan awal kepada murid saat pembelajaran tatap muka terbatas terkait arti penting literasi dan bentuk-bentuk
kegiatan literasi yang bisa dilakukan dalam “Program Budaya Literasi” dan
menyampaikan gambaran keberhasilan dalam “Program Budaya Literasi”.
Menggali minat dan potensi murid untuk memimpin dalam “Program Budaya
Literasi” dengan pembuatan pojok baca di SDN 1 Pesawahan.
Melakukan pemetaan kebutuhan murid di kelas berdasarkan minat dalam “Program
Budaya Literasi” di SDN 1 Pesawahan.
Melibatkan murid sebagai tim pelaksana dalam “Program Budaya Literasi” di
SDN 1 Pesawahan.
Struktur tim meliputi penanggung jawab, pengarah, koordinator utama,
koordinator harian, dan koordinator penyiapan buku dalam “Program Budaya
Literasi” di SDN 1 Pesawahan.
Membuat kesepakatan kelas terkait pelaksanaan pembiasaan membaca dalam
literasi dalam bentuk pembagian jadwal piket tim pelaksana harian dalam “Program
Budaya Literasi” di SDN 1 Pesawahan.
Melakukan kolaborasi dengan orang tua untuk memberikan dukungan kepada
anaknya yang memiliki kegemaran membaca berupa pengadaan buku bacaan yang
variatif dalam “Program Budaya Literasi”
Menyiapkan tempat untuk menyusun buku yang diletakkan di sudut-sudut
kelas dengan masing-masing jenis bahan bacaan sesuai minat murid di kelas dalam
“Program Budaya Literasi” di SDN 1 Pesawahan.
Monitoring oleh guru dan murid dilakukan selama proses literasi
berdiferensiasi berlangsung dalam “Program Budaya Literasi” di SDN 1 Pesawahan.
Evaluasi dilakukan guru dan murid setelah satu minggu pelaksanaan
kegiatan dalam “Program Budaya Literasi” SDN 1 Pesawahan.
Melakukan promosi hasil pelaksanaan program ke komunitas sekitar melalui media sosial dalam “Program Budaya Literasi” SDN 1 Pesawahan.
Dukungan yang dibutuhkan pada “Program Budaya Literasi” di SDN 1 Pesawahan
Dukungan dari pihak sekolah terutama terkait pengadaan sarana dan
prasarana berupa pengadaan rak buku dalam kegiatan “Program Budaya Literasi” SDN
1 Pesawahan di pojok baca kelas.
Dukungan dari sekolah terkait penyediaan buku bahan bacaan berbagai
jenis buku dalam kegiatan “Program Budaya Literasi” SDN 1 Pesawahan.
Dukungan dari sejawat dalam komunitas praktisi sekolah untuk
pelaksanaan dalam kegiatan “Program Budaya Literasi” di SDN 1 Pesawahan.
Dukungan dari murid berupa pengadaan buku penunjang bervariasi dalam “Program
Budaya Literasi” di SDN 1 Pesawahan.
Dukungan orang tua dalam memberikan dorongan kepada anaknya agar aktif
mengikuti kegiatan “Program Budaya Literasi” di SDN 1 Pesawahan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar