A. LATAR BELAKANG
Masa pandemi covit-19 ini membuat sekolah dan
guru dituntut untuk tetap memberikan pembelajaran kepada semua anak-anak
didik. Siswa belajar secara
madiri di rumah dibimbing oleh orang tua dan guru. Sekolah kami tetap menerapkan pembelajaran yang
berpihak kepada siswa. siswa diberikan kebebasan dalam menyelesaikan tugas
sesuai dengan kemampuannya. Dalam pembelajaran masa pandemi ini sekolah kami
menerapkan pembelajaran daring luring berbasis aplikasi whatsapp. Tentunya guru
harus pandai dan jeli dalam memberikan materi pembelajaran karena terbatasnya
sarana yang digunakan. Untuk itu kompetensi guru harus
ditingkatkan agar pembelajaran
yang diberikan menjadi bermakna. Ketika jaman semakin berkembang maka guru harus berusaha untuk meningkatkan
kompetensinya agar tidak tertinggal
dari peradapan di era
digital ini.
B. Tujuan
Adapun
tujuan dari rancangan aksi nyata ini yaitu sebagai berikut.
1. Untuk memahami pentingnya pengembangan diri dalam rangka meningkatkan
kompetensi yang dimiliki
oleh guru.
2. Untuk merancang dan mewujudkan pembelajaran yang kreatif dan inovatif sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
C. DESKRIPSI
AKSI NYATA
Kegiatan
aksi nyata ini diawali
dengan mempersiapkan perencanaan pembelajaran yang akan digunakan. Persiapan dalam
pembelajaran yang akan diterapkan dalam proses pembelajaran dikoordinasikan dengan rekan sejawat. Guru dituntut
untuk memberikan pembelajaran
yang
berpihak kepada siswa. Menanamkan
sikap kemandirian dalam proses belajar dan
berlatih dirumah sesuai kesenangannya sangat dibutuhkan. Menggali kemampuan yang dimiliki siswa sambil bermain namun bermakna dan
menyenangkan di masa pandemi Covid
19
bukan berarti ingin membiarkan mereka sendiri saja untuk belajar. Kerja sama yang baik dari pihak sekolah,
guru, maupun orang tua untuk mengarahkan dan memantau proses kegiatan siswa harus dilakukan. Kemerdekaan belajar
bagi siswa saya terakan di
sekolah. Saya juga menyampaikan nilai-nilai dan peran guru
penggerak sebagai agen transformasi pendidikan kepada rekan sejawat.
Aksi nyata
diawali dengan mempersiapkan berbagai peralatan yang diperlukan dalam
praktikum. Saya mererapkan pembelajaran inkuiri dalam bentuk praktikum
yang diawali dengan Ice breaking dan pada tahap pembelajaran mengkombinasikan
pembelajaran dengan permainan. Saat
praktikum
dilaksanakan siswa merasa senang dan antusias. Perubahan terjadi ketika mereka aktif
dalam belajar tanpa harus takut ketika ingin bertanya maupun menjawab.
D. HASIL AKSI
NYATA
Adapun hasil dari aksi nyata yang dilakukan adalah
sebagai berikut :
1.
Siswa sangat antusias dalam melakukan praktikum dan lebigh bergairah dalam berlatih. Bekerja secara kelompok dalam suasana yang gembira dan menyenangkan namun serius membuat pembelajaran yang sesuai
dengan kodrat anak.
2. Sekolah sangat mendukung penuh serta
membantu dalam kegiatan aksi nyata, sehingga kegiatan aksi nyata bisa berjalan
dengan baik.
Dalam meningkatkan
kompetensi yang dimiliki kemauan untuk belajar menuju perubahan dapat dilakukan kearah yang lebih bermakna dengan cara siswa dapat belajar melalui media sosial dan guru berkolaborasi dengan teman sejawat. Menambah ilmupengetahuan dapat dilakukan guru dengan mengikuti
seminar maupun diklat.
E.
Refleksi
Selama
melaksanakan aksi nyata,
pembelajaran nilai dan peran guru
penggerak sangat
saya rasakan. Saya
menjadi
termotivasi untuk melakukan pembelajaran yang lebih berpihak kepada siswa. Merdeka belajar
menjadi prioritas saya dalam setiap pembelajaran yang saya terapkan. Peran dan nilai- nilai dari
guru penggerak haruslah dimiliki oleh semua guru supaya dapat mengimplementasikan peran dan nilai-
nilai dalam
menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan membahagiakan. Yang terpenting adalah selalu memberikan
kemerdekaan belajar kepada siswa. Siswa dapat menjadikan sekolah sebagai rumah kedua untuk
belajar dan berkembang sesuai kodratnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar