Powered By Blogger

Jumat, 04 Juni 2021

1.1.a.10. Aksi Nyata – Penerapan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara di Kelas dan Sekolah

 A.     LATAR BELAKANG

Masa pandemi covit-19 ini membuat sekolah dan guru dituntut untuk tetap memberikan pembelajaran kepada semua anak-anak didik. Siswa belajar secara madiri di rumah dibimbing oleh orang tua dan guru. Sekolah kami tetap menerapkan pembelajaran yang berpihak kepada siswa. siswa diberikan kebebasan dalam menyelesaikan tugas sesuai dengan kemampuannya. Dalam pembelajaran masa pandemi ini sekolah kami menerapkan pembelajaran daring luring berbasis aplikasi whatsapp. Tentunya guru harus pandai dan jeli dalam memberikan materi pembelajaran karena terbatasnya sarana yang digunakan. Untuk itu kompetensi guru harus ditingkatkan agar pembelajaran yang diberikan menjadi bermakna. Ketika jaman semakin berkembang maka guru harus berusaha untuk meningkatkan kompetensinya agar tidak tertinggal dari peradapan di era digital ini.

 

B. Tujuan

Adapun tujuan dari rancangan aksi nyata ini yaitu sebagai berikut.

1.    Untuk  memahami pentingnya pengembangan diri dalam rangka meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh guru.

2.    Untuk merancang dan mewujudkan pembelajaran yang kreatif dan inovatif sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

 

C.     DESKRIPSI AKSI NYATA

Kegiatan aksi nyata ini diawali dengan mempersiapkan perencanaan pembelajaran yang akan digunakan. Persiapan dalam pembelajaran yang akan diterapkan dalam proses pembelajaran dikoordinasikan dengan rekan sejawat. Guru dituntut untuk memberikan pembelajaran yang berpihak kepada siswa. Menanamkan sikap kemandirian dalam proses belajar dan berlatih dirumah sesuai kesenangannya sangat dibutuhkan. Menggali kemampuan yang dimiliki siswa sambil bermain namun bermakna dan menyenangkan di masa pandemi Covid 19 bukan berarti ingin membiarkan mereka sendiri saja untuk belajar. Kerja sama yang baik dari pihak sekolah, guru, maupun orang tua untuk mengarahkan dan memantau proses kegiatan siswa harus dilakukan. Kemerdekaan belajar bagi siswa saya terakan di sekolah. Saya juga menyampaikan nilai-nilai dan peran guru penggerak sebagai agen transformasi pendidikan kepada rekan sejawat.

Aksi nyata diawali dengan mempersiapkan berbagai peralatan yang diperlukan dalam praktikum. Saya mererapkan pembelajaran inkuiri dalam bentuk praktikum yang diawali dengan Ice breaking dan pada tahap pembelajaran mengkombinasikan pembelajaran dengan permainan. Saat praktikum dilaksanakan siswa merasa senang dan antusias. Perubahan terjadi ketika mereka aktif dalam belajar tanpa harus takut ketika ingin bertanya maupun menjawab.

 


D. HASIL AKSI NYATA

Adapun hasil dari aksi nyata yang dilakukan adalah sebagai berikut :

1.    Siswa sangat antusias dalam melakukan praktikum dan lebigh bergairah dalam berlatih. Bekerja secara kelompok dalam suasana yang gembira dan menyenangkan namun serius membuat pembelajaran yang sesuai dengan kodrat anak.

2.    Sekolah sangat mendukung penuh serta membantu dalam kegiatan aksi nyata, sehingga kegiatan aksi nyata bisa berjalan dengan baik.

 

Dalam meningkatkan kompetensi yang dimiliki kemauan untuk belajar menuju perubahan dapat dilakukan kearah yang lebih bermakna dengan cara siswa dapat belajar melalui  media sosial dan guru berkolaborasi dengan teman sejawat. Menambah ilmupengetahuan dapat dilakukan guru dengan  mengikuti seminar maupun diklat.

 

E. Refleksi

Selama melaksanakan aksi nyata, pembelajaran nilai dan peran guru penggerak sangat saya rasakan.  Saya menjadi termotivasi untuk melakukan pembelajaran yang lebih berpihak kepada siswa. Merdeka belajar menjadi prioritas saya dalam setiap pembelajaran yang saya terapkan.  Peran dan nilai- nilai dari guru penggerak haruslah dimiliki oleh semua guru supaya dapat mengimplementasikan peran dan nilai- nilai dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan membahagiakan. Yang terpenting adalah selalu memberikan kemerdekaan belajar kepada siswa. Siswa dapat menjadikan sekolah sebagai rumah kedua untuk belajar dan berkembang sesuai kodratnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar