Powered By Blogger

Rabu, 09 Juni 2021

1.3.a.4. Eksplorasi Konsep - Visi Guru Penggerak

 Meraih Mimpi

 

Mimpi saya berawal saat mulai menginjak bangku kuliah. Setelah mantap untuk mengikuti studi di PGSD Unila mulailah muncul angan-angan untuk menjadi seorang guru yang mampu menjadi teladan bagi orang lain, disenangi oleh orang-orang yang ada disekitar kita, ingin menjadi hebat (manusiawi ketika masih muda, hehehehehheee). Orang tua saya menjadi salah satu sumber inspirasi bagi saya karena kebetulan ibu saya adalah seorang guru SD.

Untuk mewujudkan mimpi itu saya berusaha untuk rajin dan tekun dalam belajar juga berorganisasi baik di kampus maupun di desa. Setiap semester berusaha mendapatkan IPK yang tinggi. Di kampus saya aktif dalam organisasi kemahasiswaan dan terpilih sebagai Ketua HMJ PGSD Unila selama 1 periode. Selain aktif di kampus di lingkungan rumah saya juga aktif dalam kegiatan kepemudaan. Saya dipilih untuk menjadi Ketua Karang Taruna di desa tempat saya tinggal selama 2 periode. Hal ini semakin menumbuhkan wawasan dan pengalaman saya dalam berbagai hal. Pengalaman berorganisasi ini menjadi modal saya untuk terus mengembangkan diri guna meraih mimpi yang saya inginkan. Kendati sibuk dengan kegiatan organisasi di desa maupun di kampus saya tetap fokus dengan yang paling penting yaitu fokus pada kuliah. Dan yang paling dinanti diakhir kuliah adalah wisuda. Puji Tuhan dalam kelulusan saya memperoleh IPK dengan predikat cumlaude meski sibuk dengan berbagai kegiatan baik di desa maupun di kampus dan yang menjadi kebanggaan bagi saya pribadi adalah saat dinobatkan menjadi wisudawan terbaik. Dari sini mulai muncul keinginan untuk menjadi seorang guru yang profesional.

Profesi guru saya dimulai setelah lulus kuliah ditawari oleh kepala sekolah dimana saya PPL di SD Negeri 3 Metro Pusat untuk mengajar sebagai guru honorer. Kendati hanya mendapatkan honor Rp. 250.000 per bln tetapi semangat saya untuk menerapkan ilmu yang saya dapatkan saat menempuh pendidikan dikampus. Niat untuk menjadi guru terus saya kobarkan dalam diri agar jangan sampai putus karena honor yang bisa dibilang kecil tetapi tetap saya syukuri. Selalu berharap untuk menjadi guru ASN selalu saya kuatkan dalam diri. Akhirnya harapan dan penantian itu terwujud setelah mengabdikan diri selama 3 tahun menjadi guru honor. Setelah melalui perjuangan yang panjang dengan tekat dan semangat yang pantang menyerah dengan selalu belajar dan terus belajar. Perjalanan sebagai guru ASN dimulai sejak 1 Januari 2010. Langkah awal yang pastinya akan begitu panjang sampai pada batas nanti pensiun diawali dengan keyakinan dan ketekatan untuk mewujudkan mimpi saat kuliah.

Jika ingin maju orang harus mempunyai mimpi. Mimpi itu tidak datang begitu saja tetapi mimpi itu adalah kekuatan untuk sebuah harapan. Tidak mudah untuk mencapai sebuah mimpi karena membutuhkan proses yang tidak sebentar. Dan proses itu saya peroleh dari ketekunan, motivasi, semangat, kemauan untuk terus belajar, selalu bersyukur, doa dari orang tua, dan selalu pasrah dan memohon kepada Sang Pencipta.

Ini adalah mimpi yang memotivasi saya sehingga saya bisa menjadi seperti ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar