1.3.a.7.1 Demonstrasi Kontekstual - Inkuiri
Apresiatif
Model B-A-G-J-A
OLEH
FX DENI ISWANTO, S.Pd.
SD
Negeri 1 Pesawahan Bandar Lampung
Prakarsa Perubahan |
Menumbuhkan Motivasi Siswa
dalam Mewujudkan Merdeka Belajar |
|
Tahapan |
Pertanyaan |
Daftar
tindakan yang perlu dilakukan untuk menjawab pertanyaan |
B-uat
pertanyaan (Define) |
Apa saja yang dapat
menumbuhkan semangat siswa
saat belajar? |
·
Memberikan apresiasi
kepada siswa berupa penguatan verbal dan non verbal. ·
Dalam KBM menggunakan
media pembelajaran yang menarik. ·
Menggunakan metode
mengajar yang bervariasi. ·
Menciptakan ruang
kelas yang nyaman untuk belajar. ·
Memberikan kesempatan
kepada siswa untuk berkreasi sesuai dengan bakat dan kemampuannya. ·
Belajar dengan
materi yang ada di sekitar siswa. |
A-mbil pelajaran (Discover) |
Hal positif
apa yang ada pada diri siswa dan lingkungan (teman,
guru, dan keluarga) yang bisa menumbuhkan semangat saat belajar? |
·
Dukungan kepala
sekolah. ·
Hubungan yang
baik antar siswa. ·
Potensi dan
kemampuan guru. ·
Sarana dan
prasarana sekolah yang baik. ·
Orang tua yang
peduli dengan anaknya. ·
Bakat dan
kemampuan yang dimiliki siswa. ·
Kelas yang
bersih dan nyaman. |
G-ali mimpi (Dream) |
Hal
positif apa yang akan terjadi di masa depan
bila memiliki semangat saat belajar? |
·
Siswa akan
dapat menemukan jati dirinya. ·
Apa yang
menjadi harapan dan cita-cita dapat terwujud. ·
Siswa dapat
mengembangkan potensi yang dimiliki. |
J-abarkan rencana
(Design) |
Apa saja
langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menumbuhkan semangat belajar siswa? |
·
Mengenali potensi
dan bakat siswa. ·
Memberikan tanggung
jawab dimulai dari hal yang kecil. ·
Memberikan apresiasi
dan penghargaan ketika siswa mampu melaksanakan tugas dengan baik. |
A-tur eksekusi (Deliver) |
Siapa saja yang akan
membantu untuk menumbuhkan semangat belajar pada siswa? |
·
Kepala sekolah ·
Rekan sejawat ·
Teman sekelas ·
Orang tua
siswa |
Kapan upaya
menumbuhkan semangat belajar
akan mulai dilakukan? |
·
Pada tahun
pelajaran baru 2021 - 2022
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar