Powered By Blogger

Sabtu, 12 Juni 2021

1.2.a.9. Koneksi Antar Materi - - Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak

Nama:  FX Deni Iswanto

Unit Kerja:  SD Negeri 1 Pesawahan Kota Bandar Lampung

CGP Angkatan 2 Kota Bandar Lampung


NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

 Setelah saya mempelajari modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak banyak hal yang saya dapatkan. Nilai-nilai baik yang saya dapatkan di PKP ini jika diterapkan di sekolah saat mengajar akan membawa pembelajaran yang lebih bermakna. Siswa mendapatkan apa yang semestinya didapatkannya.

Sebagai calon guru penggerak setelah mempelajari modul ini saya akan berusaha berkomitmen dalam mewujudkan pembelajaran dengan menjalankan nilai-nilai:

1.      Mandiri

Seorang guru harus mampu berdiri sendiri dalam melakukan berbagai kegiatan. Dengan mandiri maka seorang guru akan mampu bertanggungjawab terhadap hal-hal atau keputusan yang telah diambil.

2.      Reflektif

Seorang guru akan terbuka dengan segala bentuk perubahan, dimana dia harus mampu menerima hal-hal yang baru. Melalui reflektif ini juga seorang guru akan mampu mengidentifikasi berbagai permasalahan yang ada di sekitar.

3.      Kolaboratif

Seorang guru akan mampu bekerja sama dengan teman-teman sejawatnya guna menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada. Dengan berkolaboratif ini juga seorang guru akan mampu mengetahui apa kekurangan dan kelebihan dalam proses belajar mengajar.

4.      Inovatif

Sebuah cara untuk mendapatkan solusi-solusi atau hal-hal baru dan ide-ide kreatif dalam rangka menyelesaikan tugas pembelajarannya.

5.      Pembelajaran yang terpusat pada murid

Dalam hal ini seorang guru akan memberikan kesempatan kepada siswa dengan seluas-luasnya untuk mengembangkan kreatifitasnya.

 Banyak hal positif bagi siswa jika peran sebagai guru penggerak dapat dilaksanakan dengan baik. Hal-hal positif itu diantaranya:

1.      Siswa memperoleh pengalaman belajar bermakna yang berpusat pada siswa.

2.      Siswa mengalami merdeka belajar.

3.      Siswa dapat belajar dengan bahagia dalam lingkungan yang nyaman dan mendukung.

4.      Siswa dapat mengembangkan bakat dan minatnya.

5.      Terbentuk profil pelajar Pancasila pada siswa (beriman, berahlak mulia, kreatif, gotong royong, berkebinekaan global, bernalar kritis dan mandiri).

 

KETERKAITAN ANTARA NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK DENGAN FILOSOFI KI HADJAR DEWANTARA

 Filosofi Ki Hajar Dewantara tentang berhamba pada anak semestinya dimiliki oleh guru penggerak sebagai pemimpin dalam pembelajaran. Oleh karena itu, guru penggerak dituntut untuk dapat menjadi teladan serta bisa memotivasi sehingga dapat semakin menguatkan kemampuan untuk memberdayakan siswa. Ini yang menjadi pesan Bapak Pendidikan kita yaitu Ki Hajar Dewantara. Tumbuh kembang secara holistik yaitu jalan secara cipta, rasa, dan karsa. Anak harus tajam pikirannya, halus rasanya, kuat dan sehat jasmaninya.

Untuk itu guru semestinya menjalankan nilai dan peran sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman. Kodrat alam yaitu guru dapat menerapkan nilai mandiri, reflektf. Kodrat zaman yaitu guru dapat menerapkan nilai inovatif, kolaboratif, pembelajaran yang berpusat pada murid.

 

STRATEGI YANG DILAKUKAN UNTUK MENCAPAI NILAI REFLEKSI DIRI

 Strategi yang saya miliki dan digunakan untuk mencapai nilai tersebut adalah:

1.      Mandiri: belajar dan melakukan sesuatu secara mandiri, memiliki inisiatif diri untuk maju dan berkembang.

2.      Reflektif: melakukan refleksi setelah mengajar yaitu menganalisis kelebihan dan kekurangan apa yang harus ditambahkan atau diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

3.      Kolaboratif: melakukan kolaborasi dengan rekan sejawat, mengajak bersama-sama untuk memeningkatan kompetensi sebagai guru.

4.      Inovatif: menciptakan sesuatu yang baru seperti metode pembelajaran utnuk meningkatkan kualitas pembelajaran bagi siswa.

5.      Berpusat pada murid: menciptakan pembelajaran yang berpusat pada murid. Guru dapat membuat desain pembelajaran bertema merdeka belajar. Siswa dapat memilih cara penyelesaian tugas sesuai dengan minat dan bakat mereka.


 PIHAK YANG MEMBANTU DALAM MENCAPAI GAMBARAN DIRI DAN PERANNYA

 Pihak yang terlibat dalam membantu saya mencapai nilai dan peran guru penggerak adalah:

1.      Kepala sekolah sebagai penanggung jawab instansi tempat saya betugas.

2.      Rekan sejawat sebagai mitra untuk berkolaborasi.

3.      Siswa sebagai subjek dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.

4.      Orang tua siswa sebagai pendukung dengan menjadi mitra bagi guru dalam rangka mensukseskan program yang akan dirancang oleh guru untuk peningkatan hasil belajar siswa.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar