Nama: FX Deni Iswanto
Unit Kerja: SD Negeri 1 Pesawahan Kota Bandar Lampung
CGP Angkatan 2 Kota Bandar Lampung
NILAI DAN PERAN GURU
PENGGERAK
Sebagai calon guru penggerak setelah mempelajari modul
ini saya akan berusaha berkomitmen dalam
mewujudkan pembelajaran dengan menjalankan nilai-nilai:
1. Mandiri
Seorang guru harus mampu berdiri sendiri dalam
melakukan berbagai kegiatan. Dengan mandiri maka seorang guru akan mampu
bertanggungjawab terhadap hal-hal atau keputusan yang telah diambil.
2. Reflektif
Seorang guru akan terbuka dengan segala bentuk
perubahan, dimana dia harus mampu menerima hal-hal yang baru. Melalui reflektif
ini juga seorang guru akan mampu mengidentifikasi berbagai permasalahan yang
ada di sekitar.
3. Kolaboratif
Seorang guru akan mampu bekerja sama dengan teman-teman
sejawatnya guna menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada. Dengan
berkolaboratif ini juga seorang guru akan mampu mengetahui apa kekurangan dan
kelebihan dalam proses belajar mengajar.
4. Inovatif
Sebuah cara untuk mendapatkan solusi-solusi atau
hal-hal baru dan ide-ide kreatif dalam rangka menyelesaikan tugas
pembelajarannya.
5. Pembelajaran yang terpusat
pada murid
Dalam hal ini seorang guru akan memberikan kesempatan
kepada siswa dengan seluas-luasnya untuk mengembangkan kreatifitasnya.
1. Siswa memperoleh pengalaman belajar bermakna yang berpusat pada siswa.
2. Siswa mengalami merdeka belajar.
3. Siswa dapat belajar dengan bahagia dalam lingkungan yang
nyaman dan mendukung.
4. Siswa dapat mengembangkan bakat dan minatnya.
5. Terbentuk profil pelajar Pancasila pada siswa (beriman, berahlak mulia, kreatif, gotong royong,
berkebinekaan global, bernalar kritis dan mandiri).
KETERKAITAN ANTARA NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK DENGAN FILOSOFI KI HADJAR DEWANTARA
Untuk itu guru semestinya menjalankan nilai dan
peran sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman. Kodrat alam yaitu guru dapat
menerapkan nilai mandiri, reflektf. Kodrat zaman yaitu guru dapat menerapkan
nilai inovatif, kolaboratif, pembelajaran yang berpusat pada murid.
STRATEGI YANG DILAKUKAN UNTUK MENCAPAI NILAI REFLEKSI DIRI
1.
Mandiri: belajar dan melakukan sesuatu
secara mandiri, memiliki inisiatif diri untuk maju dan berkembang.
2.
Reflektif: melakukan refleksi setelah
mengajar yaitu menganalisis kelebihan dan kekurangan apa yang harus ditambahkan
atau diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
3.
Kolaboratif: melakukan kolaborasi dengan
rekan sejawat, mengajak bersama-sama untuk memeningkatan kompetensi sebagai
guru.
4.
Inovatif: menciptakan sesuatu yang baru
seperti metode pembelajaran utnuk meningkatkan kualitas pembelajaran bagi
siswa.
5.
Berpusat pada murid: menciptakan
pembelajaran yang berpusat pada murid. Guru dapat membuat desain pembelajaran
bertema merdeka belajar. Siswa dapat memilih cara penyelesaian tugas sesuai
dengan minat dan bakat mereka.
1.
Kepala
sekolah sebagai penanggung jawab
instansi tempat saya betugas.
2.
Rekan
sejawat sebagai mitra untuk berkolaborasi.
3.
Siswa
sebagai subjek dalam
melaksanakan kegiatan pembelajaran.
4. Orang tua siswa sebagai pendukung dengan menjadi mitra bagi guru dalam rangka mensukseskan program yang akan dirancang oleh guru untuk peningkatan hasil belajar siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar